Operasi Usus Buntu

Selama operasi usus buntu, sayatan 2-3 inci panjang dilakukan melalui kulit dan lapisan dinding perut atas daerah usus buntu. Ahli bedah memasuki perut dan mencari lampiran yang biasanya di perut bagian bawah kanan. Setelah memeriksa daerah sekitar lampiran untuk memastikan bahwa tidak ada masalah tambahan hadir, usus buntu dihapus.

Hal ini dilakukan dengan membebaskan lampiran dari keterikatan mesenterika ke perut dan usus, memotong usus buntu dari usus besar, dan menjahit di atas lubang usus besar. Jika abses hadir, nanah dapat dikeringkan dengan saluran air yang melintas dari abses dan keluar melalui kulit. Sayatan perut kemudian ditutup.

Teknik baru untuk menghapus lampiran melibatkan penggunaan laparoskop. Laparoskop adalah teleskop tipis yang melekat pada kamera video yang memungkinkan ahli bedah untuk memeriksa bagian dalam perut melalui luka tusukan kecil (bukan sayatan yang lebih besar). Jika usus buntu ditemukan, usus buntu bisa dihilangkan dengan instrumen khusus yang dapat masuk ke dalam perut, seperti laparoskop, melalui luka tusukan kecil.

Manfaat dari teknik laparoskopi termasuk sedikit rasa sakit pasca operasi (karena banyak pasca-operasi nyeri berasal dari sayatan) dan kembali cepat ke aktivitas normal. Keuntungan tambahan laparoskopi yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat ke dalam perut untuk membuat diagnosis yang jelas dalam kasus-kasus di mana diagnosis apendisitis diragukan. Sebagai contoh, laparoskopi sangat membantu dalam menstruasi wanita yang pecah dari suatu kista ovarium dapat meniru usus buntu.

Jika usus buntu tidak pecah (perforasi) pada saat operasi, pasien umumnya dikirim pulang dari rumah sakit setelah operasi dalam satu atau dua hari. Pasien yang memiliki perforasi apendiks yang lebih sakit daripada pasien tanpa perforasi, dan rumah sakit mereka tinggal sering berkepanjangan (4-7 hari), terutama jika peritonitis telah terjadi. Antibiotik intravena diberikan di rumah sakit untuk melawan infeksi dan membantu dalam menyelesaikan abses apapun.

Kadang-kadang, ahli bedah dapat menemukan usus buntu yang normal-muncul dan tidak ada penyebab lain untuk masalah pasien. Dalam situasi ini, ahli bedah dapat menghapus lampiran.

Komplikasi usus buntu

Komplikasi yang paling umum dari usus buntu adalah infeksi luka dari bedah sayatan. Infeksi tersebut bervariasi dari yang ringan, dengan hanya kemerahan dan mungkin beberapa kelembutan selama insisi, moderat, hanya membutuhkan antibiotik, sampai parah, memerlukan antibiotik dan pembedahan.

Kadang-kadang, peradangan dan infeksi usus buntu begitu parah sehingga ahli bedah tidak akan menutup sayatan pada akhir operasi karena kekhawatiran bahwa luka sudah terinfeksi. Sebaliknya, penutupan bedah ditunda selama beberapa hari untuk memungkinkan infeksi mereda dengan terapi antibiotik dan membuatnya kemungkinan untuk berkurang infeksi terjadi dalam sayatan. Infeksi luka kurang umum terjadi dengan operasi laparoskopi.

Komplikasi lain dari usus buntu adalah abses, muncul nanah di daerah usus buntu.

Konsekuensi jangka panjang dari usus buntu

Hal ini tidak jelas apakah usus buntu memiliki peran penting dalam tubuh pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Masalah kesehatan jangka panjang akibat menghapus lampiran meskipun sedikit peningkatan dalam beberapa penyakit telah dicatat, misalnya, penyakit Crohn.

Baru-baru ini telah dihipotesiskan bahwa beberapa gejala usus buntu seperti, terutama gejala berulang, mungkin karena meningkatnya kepekaan usus dan usus buntu dari peradangan sebelumnya. Artinya, gejala berulang tidak karena episode berulang peradangan. Sebaliknya, peradangan sebelumnya telah membuat saraf usus dan usus buntu atau sistem saraf pusat yang menginnervasi mereka lebih sensitif terhadap rangsangan normal, yaitu, dengan rangsangan selain peradangan.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire