Tips Untuk Remaja Berjerawat

Rutin membersihkan kulit

Noda atau jerawat sering muncul pada wajah, leher, dada, punggung, dan bahu, di mana kulit memiliki jumlah terbesar dari kelenjar minyak. Hanya sedikit dari kita kebal terhadap jerawat, tetapi pengobatan dapat meminimalkannya. Jadi bersihkanlah bagia-bagian tersebut dengan rutin.

Jangan berlebihan mencuci wajah

Kulit kotor tidak menyebabkan jerawat atau noda. Sering mencuci bisa membuat kulit dan membuat jerawat lebih buruk. Jadi hindari scrub kasar atau sabun dengan bahan kimia. Sebaliknya, mencuci daerah rawan jerawat dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat untuk meminimalkan iritasi.

Apakah Go Bebas Minyak Ketika Anda Cuci

Sabun bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan komedo, jerawat, dan whiteheads. Pilih produk yang diberi label "bebas minyak," "nonacnegenic" atau "noncomedogenic." Terapkan sabun dan bersihkan dengan ujung jari Anda. Waslap, spons mesh, atau produk lain mungkin terlalu kasar dan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Jangan Hindari Makanan Favorit

Merupakan mitos bahwa makanan berminyak atau cokelat langsung menyebabkan jerawat. Jerawat terjadi ketika pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sel kulit, dan bakteri normal, menyebabkan peradangan. Beberapa makanan dapat memicu reaksi hormonal yang menyebabkan pertumbuhan berlebih dari sel-sel kulit atau produksi minyak terlalu banyak. Jadi, jika makanan tertentu tampaknya menyebabkan Anda berjerawat, cobalah untuk menghindari mereka. Tapi Anda tidak perlu menghindari pizza atau cokelat untuk kulit yang jelas-jelas bersih.

Hindari kosmetik berbahan dasar minyak

Pada umumnya menyumbat pori-pori. Kosmetik berbasis mineral, yang ringan dan tepung, mungkin kurang kemungkinan untuk melakukannya.

Jangan Gunakan Foundation Bebas Minyak

Jika Anda memakai make-up, gunakan foundation bebas minyak.

Jangan Berjemur atau Tan

Sinar UV menempatkan Anda pada risiko kanker kulit, penuaan dini, dan kerutan. Jangan berbaring di bawah sinar matahari atau menggunakan tanning booth. Juga, beberapa obat jerawat umumnya diresepkan, termasuk retinoid dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap kerusakan dari sinar UV.

Jangan Gunakan Sunscreen Bebas Minyak

Kenakan tabir surya atau pelembab bebas minyak dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi yang mengatakan spektrum luas pada label, yang berarti melindungi terhadap ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB). Carilah produk berlabel noncomedogenic, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Gunakan sunscreen setiap 2 jam.

Jangan Gunakan Produk Rambut Berminyak

Produk seperti minyak rambut atau gel dapat menyumbat pori-pori. Jika Anda memiliki rambut berminyak, gunakan shampo setiap hari. Melindungi wajah Anda ketika menerapkan setiap semprotan atau gel pada rambut Anda.

Jangan Jauhkan rambut Off Wajah Anda

Tarik rambut panjang kembali ketika Anda tidur sehingga tidak memperburuk kulit Anda. Cobalah untuk menjaga rambut Anda dari wajah Anda sepanjang hari. Rambut mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, bahkan jika Anda tidak menggunakan produk rambut.

Jangan Sentuh Wajah Anda

Hindari menyentuh atau menggosok wajah Anda karena ini dapat membuat jerawat lebih buruk. Jangan bersandar wajah Anda di tangan Anda dan mencoba untuk menjaga ponsel Anda dari menyentuh wajah Anda. Tangan dan telepon mungkin membawa minyak dan kuman yang dapat mengiritasi noda. Keringat juga bisa membuat jerawat lebih buruk. Setelah berkeringat, cucilah kulit lembut.

Gunakan aplikator krim

Gunakan bola kapas, penyeka kapas, atau aplikator bersih ketika menerapkan krim atau make-up untuk kulit Anda. Jangan menggunakan kembali makeup spons tua. Jika Anda menggunakan tangan Anda, bersihkan terlebih dahulu dan hanya menggunakan ujung jari Anda. Dan bersihkan kulit Anda sebelum Anda memakai make-up.

Jangan Gunakan Pelembab Minyak

Kulit yang sehat adalah lembab. Pilih pelembab bebas minyak yang mengatakan noncomedogenic pada label. Ini berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Anda mungkin ragu-ragu untuk mengoleskan pelembab ke kulit rawan jerawat, tapi pelembab yang baik dapat membantu mengatasi kulit yang teriritasi dan menjaga jerawat.

Jangan pencet Jerawat Anda

Meremas jerawat atau noda hanya menciptakan lebih banyak masalah. Itu hanya akan menunda penyembuhan dan membuat luka lebih parah. Meremas jerawat juga dapat mendorong bahan yang terinfeksi ke kulit, di mana ia dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut tambahan.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire